Analisa UKM

Awal mula  Pada tahun 2003 pak dalimo mulai membuka usaha sendiri setelah ia pensiun sebagai pegawai di sebuah perusahaan . Dia membuka usaha tahu bandung dengan uang pesangon  yang ia terima dikarenakan banyak peminatnya. Kini, usaha tahu yang dirintisnya telah berkembang selain membuka peluang usaha dirumahnya ia juga mempunyai cabang di Sukabumi dan daerah Bekasi lebih tepatnya di kawasan perumahan alinda bekasi utara . Ia mampu menghidupi keluarga berserta 19 orang karyawannya . Setiap jam 8 pagi prusahaan UKM ini mulai dibuka dan mengerjakan aktivitas produksi dengan skala menengah karena awal target pemasaran hanya di tuju pada kawasan sekitar parbik dan beberapa pesanan dari kota tetangga. kerja kerasnya tidak sia-sia setelah .Di tahun 2007, perusahaan ini pernah mencapai omzet 1 milyar/tahun dan pada tahun selanjutnya bisnis ia bangun bersama anak pertamanya terus tumbuh dan kini sanggup melayani permintaan pasar di wilayah jakarta timur.kedepan rencana pak Dalimo akan membangun sebuah restoran tahu di wilayah Bandung dan ingin agar produknya dapat di kenal luas oleh masyarakat indonesia dan dunia.       Waktu operasional   tempat makan ini direncanakan mulai pukul 8.00 hingga pukul 20.00. Waktu dapat berubah-ubah dan disesuaikan banyaknya pesanan dengan kondisi lingkungan sekitar. Anggaran Dana  Rencana anggaran dana yang akan digunakan sekitar Rp. 26.000 000,-. dengan total nilai aset Rp. 1.000.000.000.

Bentuk Usaha  Bentuk usaha yang ditekuni oleh pak Dalimo ini tergolong usaha menengah, antara lain jenis barang (dalam hal ini makanan) umumnya sudah tetap (tidak berubah-ubah), total nilai aset yang mencapai 1 milyar lebih, dan lokasi/tempat usaha sudah menetap (tidak berpindah-pindah). Selain itu, usaha ini sudah memenuhi persyaratan legalitas seperti surat izin, surat izin tempat  usaha (SITU) dan NPWP demi menjaga kelancaran usaha . apabila dikemudian hari terjadi hal-hal yang menyangkuut legalitas usaha, tidak membuat terganggunya operasional. Sedangkan sumber daya manusa (pengusaha) diperoleh berdasarkan pengalaman sang kakek dalam berwirausaha, bukan sember daya terlatih secara khusus.

FLOWCHART

DFD

Kelemahan Pada system penjualan ini : Dalam pembayaran pembeli mendatangi langsung pabrik pembuatan dan pegawai masih menghitung dengan cara lama yakni dengan alat kalkulator dan pencatatan transaksi menggunakan nota bukan struk harga pesanan.

Sumber : http://priohimawan.blogspot.com/2014/11/analisis-ukm.html

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s